Beranda Pemerintahan RSUD Gambiran Luncurkan Putri Lestari Bagi Penderita Thalassemia

RSUD Gambiran Luncurkan Putri Lestari Bagi Penderita Thalassemia

BERBAGI
salah satu ruang bagi anak penderita thalasemia yang dibuat seindah mungkin untuk lebih memberikan rasa nyaman bagi anak-anak penderita thalasemia. (foto : istimewa)

AGTVnews.com – Rumah Sakit Umum Daerah Gambiran Kota Kediri meluncurkan program layanan bagi penderita Thalasemia. Program Pelayanan Terpadu dan Terintegrasi Thalassemia Kota Kediri (PUTRI LESTARI) merupakan untuk membantu pelayanan pengobatan kepada penderita Thalassemia.

Thalassemia merupakan penyakit kelainan darah merah karena berkurangnya atau tidak terbentuknya protein pembentuk hemoglobin utama manusia. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit keturunan terbanyak di dunia yang belum dapat disembuhkan.

Rata-rata penyakit ini diderita oleh anak-anak dan dari kalangan menengah kebawah. Sementara pengobatan yang dilakukan harus terus-menerus seumur hidup dengan biaya yang tidak murah. Kondisi ini tentunya menjadi beban fisik, psikososial dan juga beban ekonomi.

| Baca Juga:  Namanya Dicatut Untuk Permintaan Sumbangan, Walikota Kediri Minta Masyarakat Waspada

Direktur RSUD Gambiran, dr Fauzan Adima, M.Kes. mengatakan dengan adanya PUTRI LESTARI diharapkan bisa memberikan pelayanan kesehatan yang terintegrasi dan terpadu untuk mewujudkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya bagi penyandang Thalassemia di Kota Kediri.

Pengobatan yang diberikan juga secara gratis termasuk bebas biaya tindakan medis melalui keanggotaan Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

PUTRI LESTARI memiliki beberapa keunggulan yakni pelayanan cepat melalui alur penerimaan khusus (fast track), ketersediaan Leucodepleted yang hanya ada di RS Tipe A dan ketersediaan Deferasirox yakni obat khelasi besi yang harganya terhitung mahal.

Kemudahan-kemudahan untuk pasien Thlasemia ini diberikan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan demikian RSUD Gambiran mampu memberikan tanpa harus membebankan biaya tambahan kepada pasien.

| Baca Juga:  Bangkitkan Perekonomian Saat Pandemi, Walikota Kediri Mulai Lirik Marketplace Untuk Pengadaan Barang Jasa Pemerintah

“Dengan adanya perawatan ini pasien tidak perlu lagi ke Malang atau Surabaya. Karena cukup di Kota Kediri semua bisa teratasi,” ucap Fauzan, Selasa (4/5/2021).

RSUD Gambiran juga menyediakan Layanan Psikologi karena Thalassemia termasuk penyakit kronis yang butuh ketelatenan dan kesabaran dalam menjalani pengobatan.

Rumah sakit ini juga terus mensosialisasikan Thalassemia kepada masyarakat sebagai deteksi dini, serta menghindari bullying. Support dari lingkungan sangat diperlukan bagi penyandang Thalasemia. (*)

Editor : Linda Kusuma