Beranda Pemerintahan Terkini, Bangunan Rusak di Blitar Akibat Gempa Mencapai 600 Lebih

Terkini, Bangunan Rusak di Blitar Akibat Gempa Mencapai 600 Lebih

BERBAGI
beberapa material sudah mulai disalurkan di beberapa kecamatan yang terdampak gempa. (foto : ana alana)

AGTVnews.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar terus mendata jumlah bangunan rusak akibat gempa Blitar pada Jumat (21/5/2021) lalu. Tercatat 598 rumah warga dan 34 fasilitas umum (fasum) mengalami kerusakan.

Dengan rincian rumah rusak untuk warga terdata 386 rusak ringan, 190 rusak sedang dan 22 rusak berat . Sedangkan untuk fasum masuk dalam kategori rusak ringan.

Untuk penanganan awal, Pemkab Blitar mendistribusikan bantuan material bangunan dan sembako di dua kecamatan, diantaranya Kecamatan Selopuro dan Panggungrejo.

| Baca Juga:  Terdampak Gempa Blitar 12 Rumah Dan 5 Fasum Dilaporkan Rusak Ringan

| simak video berita terkait:

“Bantuan didrop di kantor kecamatan, nanti pihak kecamatan akan menyalurkan kepada para korban,” ujar Kepala BPBD Kabupaten Blitar Ahmad Cholik, Rabu (26/5/2021).

Ahmad Cholik menambahkan data bangunan rusak nantinya akan diverifikasi oleh tim teknis baik dari Dinas Permukiman maupun Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Hasil verifikasi ini nantinya akan digunakan sebagai acuan untuk pengajuan bantuan ke BNPB.

“Dalam proses verifikasi jika ditemukan yang namanya sudah masuk diajukan ke BNPB untuk bantuan gempa Malang beberapa waktu lalu tentu tidak akan mendapatkan bantuan lagi,” pungkasnya. (*)

Reporter : Ana Alana 
Editor : Linda Kusuma
Gula Rendah Glikemik