Beranda Pemerintahan Antisipasi Wabah Antraks Pemkab Blitar Terbitkan Surat Edaran

Antisipasi Wabah Antraks Pemkab Blitar Terbitkan Surat Edaran

BERBAGI
Petugas Disnakan Kabupaten Blitar melakukan vaksinasi sapi di Kecamatan Srengat . (foto : ana alana)

AGTVnews.com – Pemerintah Kabupaten Blitar menerbitkan surat edaran berisi kebijakan proteksi penyebaran wabah antraks. Surat edaran ini setelah munculnya wabah antrak di Tulungagung.

Kepala Dinas Peternakan Dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Blitar Adi Andaka menjelaskan surat edaran itu ditujukan kepada camat hingga kepala desa dan lurah. Kemudian dilanjutkan untuk menyampaikan kepada masyarakat.

“Kita buat surat edaran untuk memonitor kondisi warganya yang memiliki ternak. Serta memberi edukasi soal gejala antraks. Jadi kalau hewan ternaknya memiliki gejala untuk segera melapor,” terang Adi.

| Baca Juga:  100 Calon Rebutkan 31 Jabatan Kades di Pilkades Serentak Kabupaten Blitar

| simak video berita terkait:

Sosialisasi dan edukasi soal antraks intens dilakukan di desa yang berbatasan langsung dengan Tulungagung. Selai itu juga dilakukan di desa-desa di Kecamatan Srengat yang pada 2014 lalu pernah ditemukan kasus antraks.

Dalam surat edaran tersebut juga ada kebijakan menjelang Hari Raya Idul Adha. Masyarakat yang membutuhkan hewan ternak untuk kurban, diminta untuk menghindari sapi dari daerah Tulungagung. Hal ini berlaku baik bagi pedagang sapi maupun pembeli.

“Hal ini juga termasuk yang ada di dalam surat edaran itu. Jadi untuk sementara agar tidak melakukan jual beli sapi dari daerah Tulungagung,” pungkasnya.

| Baca Juga:  Positif Covid-19, Dokter di Blitar Meninggal Dunia

Penyakit antraks adalah penyakit akibat bakteri yang menyerang hewan ternak. Penyakit ini bisa menular kepada manusia yang melakukan kontak dengan hewan yang terinfeksi. (*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma
Gula Rendah Glikemik