Beranda Pemerintahan Lanjutkan Pembangunan Jembatan Mrican, Ini Yang Akan Dilakukan Pemkab Kediri

Lanjutkan Pembangunan Jembatan Mrican, Ini Yang Akan Dilakukan Pemkab Kediri

BERBAGI
Pelaksana tugas (Plt) Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kediri Irwan Candra . (foto : linda kusuma )

AGTVnews.com – Simpang siur kelanjutan pembangunan Jembatan Mrican Kabupaten Kediri akhirnya terjawab. Pemerintah Kabupaten Kediri memastikan akan melanjutkan pembangunan jembatan penghubung antara Desa Jabon di Kecamatan Banyakan dan Desa Jong Biru Kecamatan Gampengrejo.

Proses pembangunannya akan diperkirakan akan dilakukan pada akhir tahun 2021 ini atau paling tidak di awal tahun 2022 mendatang.

Pelaksana tugas (Plt) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kediri Irwan Candra kepada AGTVnews.com mengatakan, langkah awal yang dilakukan pemerintah daerah adalah menyelesaikan proses pembebasan bidang lahan milik warga. Sebelumnya pihaknya telah melakukan proses apraisal kepada sejumlah bidang lahan yang diperlukan. Namun ternyata masih ada beberapa warga yang belum menyetujuinya.

| Baca Juga:  Kabupaten Kediri Kembali Raih Opini WTP

| simak video berita terkait:

“Jembatan akan dibangun lebih tinggi 1 meter dari jembatan yang lama. Untuk di wilayah Jabon ada 3 bidang lahan yang sudah dibebaskan dan dinyatakan selesai. Namun untuk di wilayah Jong Biru, masih tersisa 55 bidang lahan milik warga yang belum selesai pembebasannya,” ucapnya, Rabu (3/6/2021).

Target kita, pembebasan bidang ini akan selesai terlebih dahulu, sembari kita menunggu keputusan dari Kementrian PUPR RI.

“Memang ada beberapa warga yang pada saat itu menolak dan tidak berkenan untuk dibebaskan lahannya. Kita mengganti lahan ini, tidak hanya sebesar lahan yang digunakan saja, namun juga termasuk tempat atau bangunan yang terdampak, masuk dalam apraisal atau perkiraan hitungan kita. Ya kita targetkan ini segera rampung,” papar Irwan.

| Baca Juga:  Festival Durian Medowo Bagikan 2020 Buah Gratis

Jembatan Mrican ini memiliki peran vital dalam menyangga Proyek Strategis Nasional (PSN) yang saat ini tengah dilakukan di Kabupaten Kediri.

“Jembatan Mrican ini akan menyangga 3 PSN yang saat ini tengah digarap di Kabupaten Kediri diantaranya, Pembangunan Bandara Kediri, Selingkar Wilis dan Pembangunan Jalan Tol Kediri Nganjuk. Untuk itu, jembatan ini sangat diperlukan dan pasti akan dibangun kembali,” tegasnya.

Rencananya, jembatan ini dibangun satu meter diatas jembatan lama dan dengan panjang jalan sejauh 550 meter. (*)

Editor : Linda Kusuma

Gula Rendah Glikemik