Beranda Viral 5 Olahan Daging Sapi Yang Enak dan Simple Versi Rumahan

5 Olahan Daging Sapi Yang Enak dan Simple Versi Rumahan

BERBAGI
beragam olahan dari daging sapi yang sangat gampang dan mudah. (foto: istimewa)

AGTVnews.com – Idul Adha selalu berlimpah daging kurban. Pasti pada bingung diolah apa. Ada beberapa olahan daging sapi yang mudah dikerjakan di rumah dan rasanya juga enak.

Namun ada baiknya agtvlovers ketahui, cara mengolah daging sapi dengan benar. Menurut beberapa sumber, ternyata daging sapi ini lebih baik langsung diolah. Jika kalian ingin menyimpan terlebih dahulu, maka jangan cuci daging tersebut.

Memang sebaiknya tidak mencuci daging karena akan menjadikan daging mengkerut dan keras. Tentunya hal ini tidak menyenangkan bukan.

Bagi kalian yang bingung ingin mengolah daging sapi jadi makanan apa, berikut beberapa ide olahan daging sapi yang mudah dikerjakan:

1. Daging Sapi Goreng Yang Lezat

Inspirasi olahan daging sapi yang pertama adalah dengan cara digoreng. Kalian bisa melakukan beberapa cara agar daging ini bisa menjadi nikmat dan enak untuk disantap meski hanya sekedar digoreng.

Sebelum digoreng, kalian cuci terlebih dahulu daging yang akan diolah. Kemudian siapkan sejumlah bumbu diantaranya, bawang merah, bawang putih garam dan ketumbar. Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan dan beri sedikit air.

Setelah halus, iris daging dan rendam kedalam bumbu. Kemudian goreng daging hingga berubah warna. Olahan daging ini sangat cocok jika dipadukan dengan ulegan sambal dan beberapa sayur lalap.

Kalau kalian ingin variasi lain, bisa juga, daging direbus terlebih dahulu, setelahnya diiris tipis dan kemudian digoreng garing. Viola, jadilah resep daging sapi goreng crispy.

| Baca Juga:  Belmaks, Guitar Asli Kediri dari Bambu Jawa

2. Oseng Daging Sapi Yummy

Olahan lain yang tidak kalah gampang adalah oseng daging sapi. Waktu yang diperlukan untuk membuat olahan ini tidak lama. Cara membuatnya juga cukup praktis.

AGTVlovers cukup merendam daging sapi yang akan diolah ke dalam campuran saus tiram dan minyak goreng. Setelah itu, tumis bawang bombay dan tomat yang sudah dicuci bersih. Kemudian daging tadi dimasukkan ke dalam tumisan tersebut dan diberi tambah air serta kecap manis.

Tunggu sampai daging empuk dan kuahnya mengental. Jadi deh, oseng daging sapi praktis sudah siap tersaji. Tambahkan juga taburan bawang goreng agar rasanya semakin mantap.

3. Lapis Daging Sapi

Olahan daging yang satu ini tidak menggunakan santan untuk membuatnya. Bumbu-bumbu yang diperlukan juga terbilang sederhana dan gampang.

Bumbu halus yang diperlukan diantaranya, bawang merah, bawang putih, cabai rawit seperlunya, jahe, kunyit, kemiri, ketumbar bubuk, merica bubuk dan jintan bubuk.

Daging yang sudah diiris tipis, kemudian ditumis bersama bumbu halus tersebut. Setelahnya masukkan lengkuas, batang serai, daun jeruk, kayu manis, telur dan kecap.

Tunggu daging hingga empuk dan kuah mengental. Tambahkan gula dan garam, ehm masakan daging lezat sudah siap.

| Baca Juga:  Tangkal 'Pagebluk' Corona Pemkab Pasang Tetek Melek di Pendopo Tulungagung

4. Rica-rica Daging Sapi

Kalau olahan daging sapi yang satu ini pasti sangat disuka oleh kalian pecinta cita rasa pedas. Sensasi pedasnya cabai dan asam serta manis masakan akan memunculkan kenikmatan rasa.

Untuk membuat masakan ini, bumbu yang diperlukan adalah bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai merah dan cabai rawit, sedikit jahe. Bumbu-bumbu ini dihaluskan.

Bumbu halus tersebut kemudian ditumis dengan tambahan bumbu lain seperti, kecap manis, garam, gula, kaladu jamur, merica bubuk, daun salam, sereh yang dimemarkan dan daun jeruk yang disobek.

Setelah bumbu terlihat mengental, irisan daging kemudian dimasukkan. Masak daging hingga berubah warna dan empuk. tambahkan lagi sedikit air, dan biarkan menyusut kembali. Jadi deh rica-rica daging sapi yang enak.

5. Soto Daging

Kalau masakan yang satu ini pasti sudah tidak asing. Makanan berkuah dengan rasa gurih ini merupakan olahan daging yang sangat lekat di masyarakat.

Makanan ini bisa dinikmati di setiap waktu. Untuk dijadikan sarapan pagi, sangat pas. Dinikmati saat makan siang juga tidak masalah. Apalagi disantap saat malam hari, pasti akan terasa lebih nikmat.

Itu tadi 5 olahan daging sapi yang diolah secara sederhana namun rasanya sangat menggugah selera. Sudah tidak bingung lagi khan? Monggo dicoba resepnya.

Editor : Linda Kusuma