Beranda Kesehatan Vaksinasi di Jawa Timur Ditargetkan Tuntas Agustus

Vaksinasi di Jawa Timur Ditargetkan Tuntas Agustus

BERBAGI
Vaksinasi di Jawa Timur Ditargetkan Tuntas Agustus
Pandam V/Brawijaya, Mayjen TNI Suharyanto. (foto: istimewa)

AGTVnews.com – Sedikitnya 18 juta penduduk Jawa Timur belum mendapatkan suntikan vaksin Covid-19. Ditargetkan bulan Agustus jumlah tersebut dapat dituntaskan.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyebutkan, target vaksin di Jawa Timur sebanyak 28 juta jiwa. Jumlah itu merupakan 70% dari total penduduk Jawa Timur yang berjumlah 41 juta.

“Di bulan Agustus, kita berharap bersama-sama akan mewujudkan Indonesia Merdeka dengan terciptanya Herd Immunity,” kata Khofifah, dalam rilis yang disampaikan Kepala Penerangan Kodam V/Brawijaya, Kolonel Arm Imam Haryadi kepada redaksi AGTVnews.com, Rabu (21/7/2021).

| Baca Juga:  Tekan Penyebaran Covid-19, Kapolres Kediri Minta Masyarakat Terus Patuh 3M

Seperti diketahui, Herd immunity adalah ketika sebagian besar populasi kebal terhadap penyakit menular tertentu. Vaksinasi merupakan upaya untuk memunculkan kekebalan kelompok tersebut.

Di kesempatan yang sama. Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Suharyanto mengungkapkan jika saat ini sebanyak 18 juta warga Jatim belum tervaksin.

Kendati demikian, dirinya memastikan jika jumlah kekurangan penduduk yang belum tervaksin itu, rencananya bakal dikebut secepat mungkin.

“Jawa Timur dalam pelaksanaan dan perencanaan tidak ada masalah. Yang kita tunggu sekarang adalah ketersediaan vaksin,” kata Suharyanto.

| Baca Juga:  Menjelang Ramadhan, Pesanan Batik Tenun Ikat Meningkat

Bila dipersentase, vaksin di Jawa Timur telah mencapai lebih dari 35 persen dari target.

Data di Kementerian Kesehatan pada Selasa (20/7/2021) pukul 18.00, data vaksinasi covid-19 di Indonesia baru mencapai 20.34% (vaksin 1) dan 7,90% (vaksin 2). Target vaksinasi di Indonesia mencapai 208 juta lebih penduduk.

Reporter: Tim Liputan
Editor: Linda Kusuma